Perbedaan Post dan Page

Perbedaan Post dan Page

blog Dosen UMI : Pada blog atau website yang menggunakan WordPress, memiliki fitur post dan page. Apakah keduanya sama? Meskipun keduanya sama-sama berupa halaman yang berisi artikel atau tulisan, namun post dan page ini sangat berbeda penggunaannya.

Pengertian Post dan Page pada WordPress

1. Pengertian Post

Post adalah halaman yang digunakan untuk posting konten misalnya artikel.  Jadi biasanya dalam sebuah blog yang aktif, akan lebih banyak digunakan dibandingkan page. Post secara default akan muncul di halaman pertama (home), dan tertata sesuai tanggal posting yaitu artikel terakhir (terbaru) muncul paling atas.

Karena posting WordPress diterbitkan dengan waktu dan tanggal, artikel akan terhubung juga melalui RSS feed. Hal ini memungkinkan pembaca langganan Anda tahu update posting terbaru melalui RSS feed. Posts mendorong peengunjung untuk berkomentar. Posts memiliki fitur built-in yang memungkinkan pengguna untuk mengomentari topik artikel tertentu.

2. Pengertian Page

Page adalah halaman yang lebih sering digunakan untuk membuat halaman statis, seperti halaman profil, arsip, kontak dan sebagainya. Jadi jumlahnya biasanya lebih sedikit dibandingkan post terutama ini berlaku untuk web tipe blog.

Pages ini dimaksudkan untuk menjadi statis “one-off”. Pages tidak termasuk dalam RSS feed secara default. Pages tidak dimaksudkan untuk menjadi halaman yang  di bicarakan atau dikomentari.

Perbedaan Posts dan Pages

Lihat Perbedaan di bawah ini. Anda dapat menggunakan plugin atau potongan kode untuk memperluas fungsionalitas dari kedua jenis konten. Berikut adalah daftar dari perbedaan utama secara default.

  • Post untuk dikomentari Vs Pages tidak.
  • Post dapat dikategorikan vs Pages adalah hirarkis.
  • Post termasuk dalam RSS feed vs Pages tidak.
  • Pages memiliki fitur template kustom vs Post tidak.

Kesimpulan

Dengan begini, semakin jelaslah perbedaan post dan page pada WordPress.

  • Post bersifat dinamis, sedangkan Page bersifat statis.
  • Post biasa digunakan untuk menulis konten blog, artikel, atau update berita terbaru.
  • Page biasa digunakan untuk menulis halaman profil, kontak, overview produk.
  • Page bisa digunakan sebagai homepate, dan Post tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Skip to toolbar